Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. namun, perlahan-lahan ia akan bersatu. mozaik itu akan membangun siapa dirimu nanti. lalu apapun yang kamu kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian.

Sunday, December 11, 2011

Mengapa Harus Belajar Sejarah

Waktu Kehidupan
Selama manusia ada, sejarah akan terus bergulir. Sejaarah bermula sejak manusia pertama kali ada kemudian sejarah dunia berkembang karenanya. Sejarah juga menjadi cerita masa lalu di mana cukup banyak pelajaran bisa dipetik darinya. Sejarah telah menyumbang banyak bagi kemajuan peradaban. Lazimnya, manusia berusaha untuk tidak jatuh pada lubang yang sama. Sejarah telah menunjukkan banyak kisah tentang kesalahan manusia yang mengulang kesalahan manusia lainnya.
Di samping itu sejarah pun memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas dan kepribadian sebuah bangsa karena identitas dibutuhkan oleh masing-masing masyarakat bagi keberlangsungannya. Suatu masyarakat maupun bangsa tak mungkin dapat mengenali jati diri dan proses pencapaiannya hingga seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah.
Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timba balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadian suatu bangsa. Karena itulah mengapa suatu bangsa merasa bangga dan mencintai sejarah serta kebudayaannya.
Sejarah sebagai pengalaman manusia memberikan berbagai alternatif pilihan akan begitu banyaknya cara hidup. Dengan mempelajari sejarah, masyarakat akan mampu menghindari berbagai kesalahan dan kekurangan masyarakat masa lampau untuk kemudian memperbaiki masa depan. Di mana pun, sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.
Bagi sebagian masyarakat, sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah berati mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang dicapai manusia sepanjang abad silam. Dengan bekal sejarah di masa lampau manusia dapat membuat sejarah yang baru di masa sekarang menjadi lebih baik lagi dan menuntut manusia untuk terus berupaya mencapai kemajuan.
Berdasarkan uraian diatas dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa betapa pentingnya peran sejarah dalam membantu manusia merumuskan atau menelaah keputusan yang diambil untuk masa depannya sekaligus membimbing manusia untuk memahami siapa dirinya. Sejarah akan menuntun manusia menjadi bijak dengan tidak mengulang kesalahan yang sama.

*Inspirasi dari buku "Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah"
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

news detik finance

Blogger templates