Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. namun, perlahan-lahan ia akan bersatu. mozaik itu akan membangun siapa dirimu nanti. lalu apapun yang kamu kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian.

Friday, December 2, 2011

Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu dipakai untuk menyampaikan informasi dari penulis kepada pembaca secara tepat. Ketepatan dalam penyampaian informasi akan membuahkan hasil, yaitu adanya kepahaman pembaca terhadap isi kalimat atau tuturan yang disampaikan, juga memiliki kalimat yang singkat, padat, dapat menyampaikan pesan secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula serta menunjukkan kehematan pemakaian kata.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat tidak efektif serta pembenarannya:

Hadirin serentak berdiri setelah mereka mengetahui bahwa Presiden datang (tidak efektif)
Hadirin serentak berdiri setelah mengetahui bahwa presiden datang. (efektif)

Karena ia tidak diundang , dia tidak datang ke tempat itu (tidak efektif)
Karena tidak diundang , dia tidak datang ke tempat itu.(efektif)

Sungguh sangat benar-benar malang nasib anak itu. (tidak efektif)
Sungguh sangat malang nasib anak itu. (efektif)

Konflik yang pernah mendera di Aceh sudah sepertinya agak berlangsung lama. Lebih dari 30 tahun provinsi paling barat di Indonesia ini bergejolak. Berbagai upaya yang akan dan telah dilakukan pemerintah untuk menjadikan wilayah tersebut damai dan sekarang upaya tersebut membuahkan hasil yang baik. (tidak efektif)
Konflik yang pernah mendera Aceh sudah berlangsung lama. Lebih dari 30 tahun provinsi paling barat di Indonesia ini bergejolak. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjadikan wilayah tersebut damai dan sekarang upaya tersebut membuahkan hasil yang baik.(efektif)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

news detik finance

Blogger templates