Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. namun, perlahan-lahan ia akan bersatu. mozaik itu akan membangun siapa dirimu nanti. lalu apapun yang kamu kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian.

Friday, October 7, 2011

Tentang Saham

Harga saham selalu mengalami perubahan setiap harinya. Oleh karena itu, investor harus mampu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham. Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham dapat berasal dari internal maupun eksternal. Adapun faktor internal, antara lain:
a. laba perusahaan,
b. pertumbuhan aktiva tahunan,
c. likuiditas,
d. nilai kekayaan total,
e. penjualan,
sementara itu, faktor ekseternalnya yaitu:
a. kebijakan pemerintah dan dampaknya,
b. pergerakan suku bunga,
c. fluktuasi nilai tukar mata uang,
d. rumor dan sentimen pasar,
e. penggabungan usaha (business combination)
Penilaian harga saham bertujuan untuk menentukan saham mana yang memberikan tingkat keuntungan yang seimbang dengan modal yang diinvestasikan dalam saham tersebut. Menurut Jones, penilaian terhadap saham dikelompokkan menjadi dua yaitu:
a. Analisis fundamental merupakan salah satu cara melakukan penilaian saham dengan mempelajari atau mengamati berbagai indikator terkait kondisi makro ekonomi atau kondisi industri perbankan, termasuk berbagai indikator keuangan dan manajemen perusahaan seperti pendapatan, laba, pertumbuhan penjualan, return on equity, profit margin untuk menilai kinerja perusahaan dan potensi pertumbuhan perusahaan dimasa mendatang.
b. Analisis teknikal salah satu metode yang digunakan untuk menilai saham dimana dalam metode ini para analisis menggunakan data-data statistik yang dihasilkan dari aktivitas perdagangan saham seperti harga saham dan volume transaksi.

Saya dapat memberikan kessimpulan mengenai saham tersebut bahwa saham merupakan surat berharga yang penting yang diberikan kepada pemilik suatu perusahaan sebagai tanda bukti kalau mereka mempunyai hak milik terhadap perusahaan tersebut, setiap saham memiliki harga yang bergantung pada faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas ada faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor tersebut dapat memberikan gambaran saham apa saja yang akan memberikan keuntungan dikemudian hari saat melakukan investasi.
Share:

1 comment:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Saham silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6011/1/Dokumen%20Presentasi.pdf

    ReplyDelete

Translate

news detik finance

Blogger templates