Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. namun, perlahan-lahan ia akan bersatu. mozaik itu akan membangun siapa dirimu nanti. lalu apapun yang kamu kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian.

Monday, April 13, 2020

Cadangkan Data

source image: idntimes.com
Membangun dari kesalahan sistem, menyimpan sebelum dibutuhkan.

Kami tidak selalu dapat mencegah hal-hal buruk terjadi, tetapi kami dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegahnya untuk merusak. Kepuasan dapat menjadi musuh terburuk Anda, seperti yang digambarkan oleh kisah berikut ini.
Sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Manhattan mengira memiliki rencana kesiapsiagaan bencana yang baik hanya dengan mengarsipkan data penting pada alat penyimpananya. Mereka percaya itu aman; Bagaimanapun, itu telah dilakukan dengan cara ini selamanya tanpa ada kejadian apapun. Dan, sistem memiliki biaya yang harus dialokasikan. Apa yang tidak mereka antisipasi adalah peristiwa yang berubah menjadi bencana — dan akhirnya mematikan bisnis. Kaset disimpan di tempat biasa, dan ketika air utama pecah dan membanjiri area di mana kaset data disimpan, perusahaan kehilangan segalanya.
Pertimbangkan skenario lain, dan kali ini melibatkan Anda. Krisis yang tidak terduga tiba-tiba membuat Anda keluar dari bisnis, baik secara fisik, mental, atau keduanya. Segala sesuatu yang Anda hargai ada di tangan orang lain. Bagaimana jika ada pelanggaran keamanan dalam pengawasan mereka? Sudahkah Anda berhati-hati untuk melindungi informasi sensitif dan barang berharga lainnya, sehingga tidak akan dikompromikan, hilang, atau dicuri?
Internet penuh dengan orang-orang berbahaya yang mencoba mengendalikan informasi Anda, dan jangan lupakan pencuri yang mondar-mandir di lingkungan bisnis dan rumah dalam upaya mencuri data komputer dan barang-barang berharga lainnya. Sadarilah celah disistem penyimpanan dan antivirus Anda, dan lakukan tindakan untuk melindungi bisnis Anda dari pencurian yang terang-terangan.
Seberapa amankah Anda? Apa yang telah Anda lakukan sejauh ini untuk melindungi bisnis Anda dari kehilangan informasi yang tiba-tiba melalui pencurian, virus, atau keruntuhan sistem? Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan komputer? Episode yang menakutkan ini biasanya disebabkan oleh kesalahan di komputer Anda, tetapi juga bisa disebabkan oleh virus. Mencari pengetahuan untuk diri sendiri tantang ini semua, dan kemudian ajarkan tim pendukung Anda, bagaimana menangani masalah teknis selama krisis.
Jika tim Anda mengalami kesulitan teknis akibat masalah komputer, mereka mungkin membutuhkan bantuan dari luar. Tuliskan nomor telepon dukungan teknis pabrik komputer Anda dan rekatkan ke sisi komputer Anda. Jika tim Anda mengalami kesulitan teknis akibat virus, itu adalah proses teknis yang akan membutuhkan keahlian. Tinggalkan nama orang yang Anda kenal dan percayai, yang bisa membersihkan virus.
Rencana cadangan Anda harus memberi dukungan ke tim cadangan Anda dengan sistem pengamanan yang akan mencegah agar bencana yang tidak terhindarkan jatuh menjadi beban dipundak mereka. Mereka akan membutuhkan setiap waktu dan energi untuk mengelola bisnis Anda — tanpa gangguan yang disebabkan oleh kegagalan keamanan.
Jika Anda pernah memiliki virus komputer, Anda tahu perasaan tenggelam bahwa penjahat mungkin memiliki akses ke informasi Anda yang paling sensitif. Sudah cukup buruk untuk merasa dilanggar dan takut akan pencurian identitas; menambah hilangnya waktu yang diperlukan untuk memperbaiki masalah yang dihasilkan. Selama skenario terburuk di mana virus telah terpasang ke komputer Anda, atau jika kegagalan sistem menyebabkan Anda kehilangan data, itu akan menjadi tanggung jawab tim Anda untuk: 


  • Beri tahu klien Anda mengenai informasi mereka yang bisa dikompromikan.
  • Beri tahu bank dan lembaga keuangan Anda, dan perintahkan mereka untuk menutup akun Anda.
  • Beri tahu perusahaan kartu kredit Anda (dan harap tidak ada yang menumpuk ribuan dolar dalam biaya tidak resmi dalam hitungan menit).
  • Ubah semua kata sandi semua akun Anda.
  • Sewa seorang ahli komputer untuk membersihkan virus — jika Anda masih memiliki hard drive.
  • Pasang kembali semua program komputer dan cobalah untuk mendapatkan kembali data yang hilang.

Kuncinya adalah untuk memberikan bantuan sebelum dibutuhkan. Berdayakan tim Anda dengan informasi yang mereka perlukan untuk menangani kemungkinan hilangnya informasi atau kerusakan sistem. Misalnya: tiba-tiba koneksi Internet Anda terputus, atau server Anda jatuh terpuruk.

CADANGKAN DATA ANDA

  • Apakah Anda tahu berapa lama sebelum semuanya berjalan kembali?
  • Apakah Anda memiliki sumber alternatif untuk akses Internet dan email?
  • Sudahkah Anda berdiskusi dengan penyedia layanan Internet tentang bagaimana merespons jika koneksi Internet Anda terputus, atau server Anda mati? Sudahkah Anda menuliskannya sebagai serangkaian langkah dan meletakkannya di sebelah komputer Anda?
  • Bagaimana jika komputer Anda mati dan membawa serta informasi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis? Apakah Anda memiliki semacam sistem pengambilan file?
  • Apakah Anda memiliki penyimpanan file offline dalam bentuk hard disk portabel atau flash drive yang disimpan di lokasi lain, dan jika ya, di mana?
  • Apakah Anda memiliki komputer atau laptop sekunder, dan apakah dilengkapi dengan perlindungan virus yang baik?

Selama pelanggaran keamanan atau kehilangan data, akan ada waktu henti sementara tim Anda berjuang untuk memperbaiki masalah dan mengembalikan perusahaan Anda ke kondisi semula. Karena itu, sangat penting untuk memiliki sistem cadangan informasi di tempat terlebih dahulu, sehingga mereka dapat menjaga hal-hal berjalan lancar tanpa penundaan yang lama dan mahal. Hanya ada satu hal lagi yang salah, dan bisa melempar situasi yang sudah rumit menjadi berputar-putar.
Rencana darurat Anda harus menyediakan pemulihan yang cepat dari kehilangan informasi yang tiba-tiba. Ini bisa sesederhana mencadangkan file Anda ke perangkat cadangan komputer, seperti hard drive eksternal, atau menggunakan server jarak jauh atau program penyimpanan cloud online yang membuat cadangan file Anda secara otomatis. Sebagian besar pakar sepakat bahwa menyimpan informasi di luar komputer Anda adalah tindakan terbaik. Sekarang jika komputer Anda dicuri atau disusupi, data Anda akan aman.


CADANGKAN DATA ANDA

Penyimpanan eksternal adalah perangkat penyimpanan kecil yang dihubungkan ke komputer Anda untuk membuat cadangan data Anda, dan dapat disimpan di tempat lain. Ini melindungi informasi Anda, dan juga memungkinkan Anda untuk menghindari "menyumbat" komputer Anda dengan banyak file, musik, foto, dan media lainnya. Penyimpanan eksternal adalah hal yang baik untuk dimiliki dalam keadaan apa pun — sebagai alternatif perlindungan lainnya.
Menurut definisi, komputasi awan adalah penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang dikirimkan sebagai layanan melalui Internet. Gagasan umum "cloud" adalah untuk menyimpan media Anda di Internet sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun, di mana saja, sebagai lawan meninggalkannya di hard drive yang hampir tidak dapat diakses.
Komputasi awan dapat digambarkan sebagai layanan penyimpanan di luar lokasi. Pengguna akhir mengakses aplikasi “berbasis cloud” melalui browser Web atau aplikasi mobile sementara perangkat lunak dan data bisnis mereka disimpan di server jarak jauh. Nama "cloud" berasal dari simbol berbentuk awan yang berisi banyak elemen kompleks yang membentuk layanan ini. Anda dapat menganggapnya sebagai informasi yang disimpan "penyimpanan awan" daripada di dalam komputer Anda.
Ada sejumlah program penyimpanan awan yang tersedia, dan biayanya bervariasi, tergantung pada jangkauan layanan dan waktu pemulihannya. Beberapa gratis, seperti Dropbox yang memiliki banyak pengguna. Lakukan riset dan tanyakan jaringan rekan bisnis Anda perusahaan apa yang mereka gunakan. Kemudian panggil masing-masing dengan daftar pertanyaan.
Jika Anda tidak bersedia membayar untuk penyimpanan online (cloud), gunakan penyimpanan eksternal. Anda juga dapat menyalin beberapa dokumen yang lebih penting ke flash drive, DVD, atau CD dan menyimpannya di brankas. Ingatlah untuk memperbarui file Anda setiap hari, atau setidaknya setiap minggu.
Singkatnya: Penting untuk melakukan segala yang Anda bisa untuk melindungi informasi Anda sekarang, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan:


  • Ketahui peralatan yang dimiliki, dan apakah itu berperilaku normal.
  • Cadangkan informasi perusahaan Anda dengan flash drive atau penyimpanan eksternal. Simpan salinan di luar situs. Berikan informasi lokasinya kepada tim Anda.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan penyimpanan awan. Rekatkan nama penyedia layanan ke komputer Anda, dengan nomor kontak dan kata sandi.
  • Uji pemulihan data Anda dari waktu ke waktu. Ketahui berapa lama untuk mengambil data Anda. Diskusikan ini dengan perusahaan penyimpanan online Anda.
  • Melakukan percakapan dengan penyedia layanan Internet Anda dan minta informasi apa yang harus dilakukan jika koneksi terputus.
  • Biarkan tim Anda tahu cara mengambil data perusahaan Anda.
  • Memiliki komputer sekunder jika salah satu mengalami kerusakan.
  • Pastikan perangkat lunak antivirus Anda mutakhir di semua komputer.
  • Siapkan rutin untuk mencadangkan data Anda dan menaruhnya di kalender Anda.

Memiliki perlindungan antivirus yang baik, melakukan pembaruan keamanan secara teratur, dan melakukan pencadangan yang teratur dan konsisten akan sangat membantu dalam menghindari masalaha besar karena kehilangan data.

Pakar keamanan percaya peretas akan terus membobol jaringan komputer kecuali perusahaan menjadi lebih waspada. Bahkan akun daring kecil pun rentan dan membuka pintu bagi seseorang untuk mencuri informasi Anda. Semua ahli menyarankan untuk sering mengganti kata sandi dan tidak pernah menggunakan kata sandi yang sama dua kali. Ini mungkin pukulan keras bagi Anda, tetapi saya sudah berbicara dengan banyak pengusaha pribadi yang mengakui bahwa mereka membiarkan ini lepas karena mereka terlalu sibuk. Jika Anda terlalu sibuk, pertimbangkan untuk menggunakan salah satu aplikasi pengelola kata sandi yang akan melakukannya untuk Anda.

KOTAK DEPOSIT BANK ATAU BRANKAS ANTIKEBAKARAN AMAN?
Brankas bank adalah salah satu opsi. Banyak yang percaya bahwa tempat teraman untuk menyimpan barang-barang berharga adalah di dalam brankas. Bagaimanapun, bank memiliki sistem keamanan dan alarm 24 jam terbaik, dan brankas bank adalah salah satu tempat paling aman jika terjadi kebakaran, tornado, badai, atau bencana alam lainnya. Namun ada beberapa kekurangan. Isi kotak penyimpanan jarang diasuransikan, sementara barang-barang di rumah Anda biasanya dilindungi oleh polis asuransi pemilik rumah atau penyewa Anda. Berkenaan dengan uang tunai, brankas tidak dicakup dalam asuransi FDIC.
FDIC hanya mengasuransikan simpanan yang disimpan di rekening bank, dan bukan isi kotak simpanan mereka.
Brankas bank bukan tempat yang baik untuk menyimpan salinan asli dokumen yang memerlukan akses segera, seperti paspor, kunci cadangan, arahan perawatan kesehatan, surat wasiat, atau surat kuasa. Kotak penyimpanan bank hanya dapat diakses selama jam operasional cabang, dan kotak-kotak itu biasanya disegel ketika bank menerima pemberitahuan kematian. Untuk membuka brankas, tergantung pada hukum negara Anda, perwakilan mungkin diharuskan untuk menyerahkan surat-surat pengadilan kepada bank.
Barang apa yang harus dimasukkan ke dalam brankas di bank? Menurut FDIC, barang-barang pribadi apa pun yang akan menyebabkan kehilangan, "Jika saya kehilangan ini, saya dalam masalah besar," harus ditempatkan di brankas. Maka hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam kotak Anda: dokumen asli polis asuransi Anda (kecuali asuransi properti, yang dapat segera Anda perlukan untuk mengajukan klaim), catatan keluarga seperti akta kelahiran, pernikahan, dan kematian, surat-surat asli, ijazah, hipotek, sewa, dan kontrak lainnya, saham, obligasi, dan sertifikat deposito. Barang berharga lainnya yang layak mendapat tempat di brankas Anda termasuk perhiasan khusus, medali, perangko langka, dan barang koleksi lainnya, negatif foto yang tidak dapat diganti, dan video atau gambar isi rumah Anda untuk tujuan asuransi (jika terjadi pencurian atau kerusakan ).
Undang-undang negara berbeda tentang siapa yang berwenang untuk mengakses brankas Anda. Itu sebabnya Anda harus memeriksa dengan pejabat bank untuk mencari tahu apa yang disyaratkan dalam undang-undang negara bagian dan kebijakan bank Anda sendiri jika terjadi keadaan darurat atau kematian.
Brankas tahan api adalah cara lain untuk melindungi barang-barang berharga. Apa yang harus Anda simpan di dalamnya? Banyak barang yang sama dengan yang Anda simpan di brankas, tetapi tanpa aturan akses bank. Beberapa di antaranya mungkin terlihat mengulang, tetapi jika Anda menggunakan brankas tahan api, Anda memiliki keuntungan karena akses yang lebih sering.


  1. Polis asuransi asli, termasuk asuransi properti dan informasi kontak agen.
  2. Paspor dan akta kelahiran asli. Ini bisa merepotkan untuk menggantikan dan akan membangun identitas.
  3. Daftar dokter keluarga, obat resep, dan informasi kontak untuk semua apotek yang Anda gunakan. Anda mungkin memerlukan ini untuk mendapatkan persediaan obat-obatan baru yang Anda gunakan secara teratur, jika Anda jatuh sakit atau lumpuh.
  4. CD atau penyimpanan eksternal yang berisi salinan digital dari peralatan, furnitur, barang antik, atau karya seni Anda, yang akan berfungsi sebagai inventaris untuk klaim asuransi Anda jika perlu diganti. Sebaiknya pindai surat berharga dan foto keluarga dan simpan juga salinan digitalnya.
  5. Kunci kotak penyimpanan yang aman dan daftar barang yang disimpan di sana. Jika Anda juga menggunakan brankas, Anda ingin memastikan Anda menyimpan kunci di tempat yang aman.
  6. Surat berharga penting yang terkait dengan investasi, rencana pensiun, rekening bank, dan informasi kontak terkait.
  7. Informasi tentang kartu kredit Anda, tanggal jatuh tempo, dan informasi kontak. Penting untuk mengawasi keuangan Anda dan melindungi kredit Anda selama keadaan darurat.
  8. Kartu Jaminan Sosial Asli. Ini dapat memakan waktu untuk diganti, dan diperlukan untuk menetapkan kelayakan untuk mendapatkan manfaat.
  9. Salinan dokumen hukum penting Anda, termasuk surat kuasa, surat wasiat hidup, dan kuasa perawatan kesehatan — baik untuk Anda sendiri maupun untuk siapa pun yang Anda tunjuk sebagai wakil pengacara atau petugas kesehatan. Memiliki akses ke ini dapat membantu memastikan perlindungan yang mereka ciptakan untuk memberikan.
  10. Salinan wasiat dan semua wasiat di mana Anda ditunjuk sebagai pelaksana. Penting untuk memiliki akses ke ini, karena brankas biasanya disegel setelah pemberitahuan kematian pemilik kotak.
  11. Barang berharga: perhiasan, koin, dan barang berharga lainnya, dan sejumlah uang tunai. Anda akan akses ke barang berharga Anda dari waktu ke waktu, dan memiliki sejumlah uang tunai untuk akses siap saat darurat, atau kapan saja Anda membutuhkannya dengan sangat cepat.
  12. Kunci cadangan dan kasih keterangan untuk semua kendaraan. Sangat membantu untuk mengetahui di mana salinannya, untuk kapan akan membutuhkannya.

Pastikan seseorang di tim memiliki akses ke kotak simpanan bank, dan brankas tahan api Anda. Tentu saja, apa yang Anda pilih untuk disimpan di brankas tahan api Anda akan tergantung pada keadaan pribadi. Ukuran dan lokasi brankas adalah pertanyaan keuangan dan logistik yang perlu ditangani. Tim cadangan Anda perlu mengetahui detailnya, jadi Anda harus memberikan petunjuk sebagai berikut:
 
Untuk brankas bank Anda:
Nama dan alamat bank
Daftar semua barang yang disimpan di brankas Anda
Nama orang yang berwenang untuk membuka brankas

Untuk keamanan brankas tahan api Anda:
Lokasi brankas
Daftar semua item disimpan di brankas tahan api Anda
Di mana Anda menyimpan kunci, dan siapa yang berwenang menggunakannya

Ingat, Andalah yang bertanggung jawab menjaga keamanan informasi pribadi.
Penyimpanan brankas itu murah, kehilangan itu yang mahal.

Share:

1 comment:

Translate

news detik finance

Blogger templates