Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan-potongan mozaik. terserak di sana sini, tersebar dalam rentang waktu dan ruang-ruang. namun, perlahan-lahan ia akan bersatu. mozaik itu akan membangun siapa dirimu nanti. lalu apapun yang kamu kerjakan dalam hidup ini, akan bergema dalam keabadian.

Sunday, May 17, 2020

Jenis-jenis Obligasi

Surat Obligasi, source google
Obligasi adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi kontrak pengakuan hutang atas pinjaman yang diterima oleh penerbit obligasi dari pemberi pinjaman (pemodal).

ada banyak jenis-jenis obligasi, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. obligasi berjamin : ada lembaga yang memberi jaminan (garansi)  terhadap obligasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan (jaminan yang dimaksud ialah jaminan atas pembayaran bunga dan pokok obligasi).
  2. obligasi tanpa jaminan : tidak ada lembaga yang memberikan jaminan terhadap bunga dan pokok obligasi.
  3. obligasi konvertibel : obligasi yang dapat dialihkan menjadi saham.
  4. obligasi atas unjuk : tidak ada nama pemilik, yang ada hanya nomor seri dan nama penerbit obligasi, sehingga lebih mudah dipindahtangankan.
  5. obligasi terdaftar : sering juga disebut obligasi atas nama, yaitu terdapat nama pemilik pada surat obligasi, kelebihan dari obligasi ini adalah relatif lebih aman dari penyalahgunaan.
  6. obligasi berjangka : obligasi yang tanggal jatuh temponya bersamaan.
  7. obligasi berseri : obligasi yang jatuh temponya bertahap.
  8. obligasi pendapatan : perusahaan penerbit tidak mempunyai kewajiban membayar bunga secara periodik kepada pemegang obligasi. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

news detik finance

Blogger templates